Rabu, 22 Juni 2016

The Broken Field


Beberapa hari ini, setelah KONAMI secara resmi merilis structure deck Kaiba yang memperkenalkan monster ABC nya, meta OCG kembali berubah.. Mulai banyak player yang melirik ABC sebagai salah satu deck yang bisa mereka gunakan baik untuk turnamen maupun untuk casual game. Baik karena kemudahan akses mendapatkan kartunya, tetapi juga karena efek dari para monster tersebut yang jago dan kemampuan spam XYZ baik rank 4 maupun rank 5 sekalipun. Jujur saja, deck apapun yang bisa mengakses Cyber Dragon Infinity, pasti bakalan dimainkan oleh orang.

salah satu pelaku yang membuat ABC jago


Pada kesempatan ini gw tidak akan membahas bagaimana deck ABC bekerja, tapi gw lebih ingin menyoroti bagaimana KONAMI menyusun sebuah archetype baru menjadi archetype yang jago. Jawabannya cukup simple. Field Spell.

Field Spell, yang pada awalnya hanya memiliki effect untuk meningkatkan attack atau mengurangi defense monster, kini didesain menjadi kartu yang memiliki efek yang ngeplus, punya 2-3 efek yang semuanya jago dan membuat deck yang menggunakannya menjadi lebih konsisten. Ambil contoh field spell Sky Arc, yang merupakan field spell utama dari deck Perfomapal variant. Kartu tersebut memiliki efek search, melindungi pendulum dari kehancuran. Semua effect yang dibutuhkan untuk meningkatkan konsistensi deck pendulum ada pada satu kartu tersebut.  Bandingkan dengan effect Harpy’s Hunting Ground yang hanya memiliki effect meledakkan 1 spell card ketika Harpy disummon. Rasanya kurang adil bukan?

Bagaimana dengan deck super quantum? Deck Power Ranger ini bekerja sepenuhnya dengan bergantung kepada field spell mereka. Tanpa Field spell mereka, mereka tak akan bisa memanggil bos besar mereka sendiri. Atau bagaimana dengan monarch? Bercermin dari meta sebelum banlist april 2016 kemarin, Monarch mendominasi berkat effect field spell mereka yang memberi effect mengurangi cost 1 tribute untuk Monarch level 8 mereka DAN membuat musuh kehilangan kemampuan mengakses extra decknya secara keseluruhan. di meta yang hampir seluruh archetypenya membutuhkan extra deck. Monarch menjadi meta killer paling kejam di meta kemarin. 

Menurut saya, KONAMI memang sengaja mendesain field spell sebagai kartu yang memiliki effect rumit dan menjadi bagian utama dari sebuah archetype. Tak seperti normal spell card atau quick spell card yang hanya bisa dipakai 1 kali sebelum masuk kuburan (atau banish kalau ada macro cosmos), Field Spell bisa hidup selama musuh tidak menghancurkannya. Dengan demikian, duelist/player yang memakai field spell bisa dapat menggunakan effect dari spell tersebut setiap putarannya. 

Field spell juga diuntungkan karena mereka memiliki searchernya sendiri. Terraforming. Membuat field spell sangat searchable baik oleh effect archetypenya sendiri (misal monarch), tapi juga dengan terraforming ini. Sehingga akses ke field spell menjadi lebih konsisten.
Gak percaya dengan apa yang saya tulis? Mari kita list beberapa archetype deck yang sebelumnya pernah dirilis oleh KONAMI dan sempat menjadi top meta. 

Dark World (The Gates of Dark World)
Monarch ( Dominion of Monarch)
Performapal (Sky-Iris/Sky Arc)
Kozmo (Kozmotown dan Fire King Island)
Super Quantum Monarch ( Super Quantum Mech Ship Magna Carrier dan Chicken Game)

Kalau kita melihat bagaimana KONAMI mengeluarkan banlist akhir akhir ini, kita tahu bahwa field spell memang memiliki pengaruh yang besar dalam meta. Di meta TCG, Chicken Race langsung di ban karena memberikan plus kepada pemakainya. DI OCG Dominion of Monarch juga delimit karena terlalu meta killer. 

the Meta Killer yang kini sendiri


Dan sekarang, di structure Kaiba dan Yugi, KONAMI melakukan langkah yang sama. Mereka merilis Field Spell yang memiliki effect jago bagi kedua belah pihak. ABC dengan Union Hangarnya dan Magnet warrior dengan Magnet Fieldnya. Dan saya perkirakan, salah satu dari kedua Structure itu akan menjadi salah satu top meta beberapa saat kedepan. Terlebih lagi deck ABC yang bisa mengakses Cyber Dragon Infinity sehingga kemungkinan archetype kaiba satu ini akan menjadi top contender meta sekarang.





Oh iya, di INOV juga bakalan muncul field spell jago juga lho! Dan kali ini Gemini mendapatkan kehormatan untuk mendapatkan kartu tersebut. Phoenix Gearfried bisa jadi jago lagi nih hahaha.

Make Gemini Great Again

Oke, sekian dulu rant saya kali ini. Semoga memberikan wawasan baru kepada kita semua. 


Thx for Reading and Happy Trolling 

=ballibond=


0 comments:

Posting Komentar