Rabu, 17 Mei 2017

Deck Idea - The SPAM (Supreme Pendulum Assault Magician)

Halo dengan ballibond disini dengan rubrik Decklist Idea. Masih seputar kartu yang dirilis pada set Card of The Duelist, kali ini kita juga akan membahas salah satu archetype yang dirilis pada booster tersebut. Dan pada rubrik kali ini, kita akan membahas archetype pendulum terakhir yang dirilis oleh KONAMI OCG. Dan itu tentu saja adalah Supreme Pendulum.

here comes, the true ruler of pendulum, the Supreme King


A. Pembahasan

Kalau kalian menonton animasi Yugioh Arc-V, Supreme Pendulum adalah kartu yang digunakan oleh bos terakhir, Zarc, untuk mengalahkan hampir seluruh lawan sampai bullshit magic happens. Namun di real life, efek imba dari para supreme pendulum tentu saja dibatasi karena membuat kartu seimba itu di real life tentu akan menambah kerusakan pada meta. Ditambah lagi dengan adanya Master Rule terbaru yang membatasi gerak langkah pendulum, membuat Pendulum tidak sedominan dulu.

Untuk menambah pemahaman tentang bagaimana cara bermain Supreme Pendulum ini, mari kita bahas para anggotanya sebagai berikut:

1. Supreme King Gate Infinity and Supreme King Gate Zero

"null"

覇王門零
Supreme King Gate Zero
(Pendulum/Fiend/Scale 0-0/Atk 0/ Defense 0)

"Pendulum Effect :If you control "Supreme King Z-ARC", you take no damage. Once per turn, if you have "Supreme King Gate Infinity" in your other Pendulum Zone: You can destroy both cards in your Pendulum Zones, and if you do, add 1 "Polymerization" Spell Card or "Fusion" Spell Card from your Deck to your hand.
Monster Effect :Once per turn: You can target 1 other face-up card you control; destroy both it and this card, and if you do, Special Summon 1 Dragon-Type Fusion or Synchro Monster from your Extra Deck, but its ATK and DEF become 0, it has its effects negated, also it cannot be used as a Material for a Synchro or Xyz Summon. If this card in the Monster Zone is destroyed by battle or card effect: You can place this card in your Pendulum Zone."

"infinity"

覇王門無限
Supreme King Gate Infinity
(Fiend/Pendulum/Lvl 7/ Scale 13-13/ Atk 0/ Def 0)

"Pendulum Effect If you control a monster, you cannot Pendulum Summon. This effect cannot be negated. Once per turn, if you control "Supreme King Z-ARC": You can target 1 face-up monster your opponent controls; gain LP equal to its ATK.
Monster Effect Once per turn: You can target 1 other face-up card you control; destroy both it and this card, and if you do, Special Summon 1 Dragon-Type Xyz or Pendulum Monster from your Extra Deck, but its ATK and DEF become 0, it has its effects negated, also it cannot be used as a Material for a Synchro or Xyz Summon. If this card in the Monster Zone is destroyed by battle or card effect: You can place this card in your Pendulum Zone."


Monster pendulum yang melambangkan null dan infinity merupakan pendulum scale terluas yang dirilis oleh KONAMI. Gate Zero yang memiliki scale 0 dan Gate Infinity yang memiliki scale 13 membuat kita bisa melakukan pendulum summon dari level 1 sampai 12.  Scale yang sangat luas bukan? Membuat kita bisa memanggil hampir segala jenis monster dari tangan ataupun extra deck.

Namun meski demikian, KONAMI memberikan limitasi kepada dua pendulum ini. Pada efek pendulumnya  terdapat restriksi dimana bila kita mengontrol monster diarena, kita tidak bisa melakukan pendulum summon sama sekali. Menurut gw itu restriksi yang cukup wajar. Mengingat tidak adanya batasan atau jenis monster apa yang boleh dipendulum dengan menggunakan pendulum ini.

Efek monsternya juga cukup keren. Destroy dirinya dan 1 kartu face-up di arena kita untuk memanggil 1 monster bertipe Dragon dari extra deck. Tapi efeknya di negate serta attack dan defensenya berubah menjadi nol. Tergantung efek siapa yang digunakan, kita bisa memanggil synchro, xyz, atau bahkan fusion dari dalam deck. Jika kita menggunakan efek Gate Infinity, kita bisa memanggil XYZ atau synchro, sementara kalau kita menggunakan efek Gate Zero, kita bisa memanggil Fusion atau Synchro dari extra deck. Ditambah lagi mereka bedua memiliki efek dimana ketika mereka hancur sebagai monster, kita bisa memasangnya sebagai pendulum scale di pendulum zone. Membuat kita tidak terlalu minus setelah mengaktifkan efeknya.

2. Supreme King Dragon Darkwurm

"servant of supreme king"

覇王眷竜ダークヴルム
Supreme King Dragon Darkwurm
(Dragon/Level 4/Atk 1800/Def 1200/Scale 5-5)
"Pendulum Effect Once per turn, if you control no monsters: You can place 1 "Supreme King Gate" Pendulum Monster from your Deck in your Pendulum Zone, also you cannot Pendulum Summon monsters for the rest of this turn, except DARK monsters.
Monster Effect If this card is Normal or Special Summoned: You can add 1 "Supreme King Gate" Pendulum Monster from your Deck to your hand. If this card is in your Graveyard and you control no monsters: You can Special Summon this card. You can only use each monster effect of "Supreme King Dragon Darkwurm" once per turn."


Searcher utama dari Supreme Pendulum. Ketika dirinya di-normal summon atau special summon, kita bisa search 1 “Supreme King Gate” dari deck. Dengan monster ini kita bisa mencari baik Gate Zero maupun Gate Infinity sesuai dengan keinginan kita. Yang unik dari monster ini adalah efek keduanya yaitu dimana ketika dia ada di graveyard dan kita tidak mengontrol monster, kita bisa special summon dia dari kuburan. Free level 4 plus search 1 “Supreme King Gate” dari deck. Sangat cocok untuk deck-deck pendulum yang banyak memainkan monster level 4.  Adapun scale 5 nya memang dirasa kurang karena dengan dirinya sendiri tidak bisa pendulum summon para Supreme King Gate  dari hand atau extra deck.

Secara desain, Supreme leader termasuk pendulum archetype yang patut diperhitungkan. Bisa memanggil monster dari extra deck dengan mudah. Serta para boss monsternya yang efeknya juga cukup hebat. Meski demikian, mereka memiliki drawback yang besar dimana hanya mampu melakukan pendulum summon ketika arena kosong dan monster yang dipanggil tidak memiliki efek maupun power. Selain itu juga, monster yang dipanggil via Supreme King Gate tidak bisa digunakan untuk XYZ maupun Synchro material. Membuat kita cukup kesulitan memanfaatkan para monster yang dipanggil tersebut.

Namun untungnya kita bisa memanfaatkan para monster tersebut dengan cara lain. Efek Supreme King Gate hanya tidak memperbolehkan diri kita menggunakan para monster tersebut untuk Synchro maupun XYZ. Adapun apabila hendak digunakan untuk yang lain seperti tribute summon atau bahkan fusion summon, kita masih bisa menggunakan para monster tersebut. Dan kita akan menggunakan monster tersebut untuk hal berikut:




Masih ingat dengan trap satu ini? Trap yang dirilis pada set Crimson Crisis di era Yugioh 5ds ini kembali kita gunakan pada deck ini. Dengan menggunakan Assault Mode Activate, kita bisa memanfaatkan Stardust Dragon yang dipanggil via Supreme King Gate baik Zero maupun Infinity. Assault Mode tidak mensyarakatkan monster yang dipanggil harus di synchro summon secara properly sehingga monster hasil panggilan Supreme King Gate tetap bisa digunakan untuk Assault Mode ini.

Karena Supreme Pendulum sendiri kurang cepat dan efektif untuk melakukan pendulum summon, kita juga gunakan para Magician Pendulum untuk mempermudah kita melakukan pendulum summon para Supreme King Gate. Enginenya yang konsisten dan sinergi dengan Supreme Pendulum membuat kia memilih archetype ini sebagai bagian dari deck. Dengan mengombinasikan ketiga Archetype tersebut, maka  kita berhasil menyusun deck SPAM !!!

Untuk selanjutnya, mari kita lihat decklist berikut:

The SPAM (Supreme Pendulum Assault Magician)

"klik untuk perbesar ya"


Dalam deck ini, kita menggunakan 3 Dragon Shrine dan 1 Foolish Burial untuk mempercepat membuang Supreke King Dragwurm ke kuburan yang selanjutnya akan dibangkitkan via efeknya sendiri. Free Special summon + search Supreme King Gate. Di deck ini  juga digunakan Assault Beast dan Assault Mode Actitvate masing-masing 3 untuk mempercepat kombo Assault Mode. Dengan adanya Supreme Dragon Wurm, Assault mode, dan Pendulum Call. Kombo Assault pendulum bisa terlaksana dengan cukup mudah.

B. Kesimpulan

Di era LINK yang membuat pendulum mati dan tidak seeksplosif sebelumnya, para duelist diminta untuk lebih kreatif dalam membuat deck. salah satunya dengan memanfaatkan kartu-kartu lama dari KONAMI. salah satu yang bisa kita gunakan adalah dengan Assault Mode Pendulum ini. di Youtube sendiri sudah cukup populer tech assault mode pada deck-deck meta sekarang seperti misalnya Zoodiac Assault mode atau Pendulum Assault Mode. semuanya kembali kepada bagaimana kita mengkreasikan imajinasi kita.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba deck ini di real life? Meski saat ini master rule Link Era sudah diaplikasikan di ranah OCG, itu tidak berarti pendulum menjadi benar-benar mati. Sebagai pengguna pendulum, kita harus berpikir kreatif agar deck yang kita jagokan tersebut tetap bisa playable dan juga kompetitif. Semoga rubrik deck idea kali ini pun bisa memberikan inspirasi kepada kalian.  Oke, sekain dulu post kali ini. Thx for reading and happy trolling



-ballibond-

sumber gambar:

http://vignette2.wikia.nocookie.net/yugioh/images/c/c2/SupremeKing.png/revision/latest?cb=20161225133542
http://yugioh.wikia.com/wiki/Supreme_King_Gate_Zero
http://yugioh.wikia.com/wiki/Supreme_King_Gate_Infinity
http://yugioh.wikia.com/wiki/Supreme_King_Dragon_Darkwurm
http://yugioh.wikia.com/wiki/Assault_Mode_Activate

0 comments:

Posting Komentar