Senin, 31 Juli 2017

Hand Summon Piper


Halo lagi semuanya, kembali lagi dengan rubrik deck idea setiap minggunya. Di minggu ini kita akan membahas satu ide deck yang gak kalah unik dibanding sebelumnya. Dan tema deck minggu ini adalah Hand Summon.

Apa itu hand summon? Yang dimaksud disini adalah deck  kita focus pada melakukan special summon dari tangan. Memang dibanding dengan special summon dari kuburan atau deck, special summon dari tangan kurang popular karena tidak memberikan plus kepada diri sendiri.

Namun sebelum kalian berpikir hand summon itu buruk, kalian harus tahu juga bahwa tidak sepenuhnya cara special summon ini merugikan. Bahkan banyak deck – deck top meta terdahulu yang strateginya melakukan Hand Summon. Seperti misalnya Kozmo dan Nekroz. Keduanya menggunakan strategi memanggil monster boss dari tangan. Ini menunjukkan bahwa di kondisi yang tepat, Hand Summon juga bisa memberikan keuntungan kepada pemain.




A.  How to Play

Seperti gw jelasin diatas, strategi utama kita adalah memanggil monster dari tangan. Oleh karena itu, kita menggunakan monster-monster yang memiliki efek untuk special summon dari tangan. Dan para monster tersebut adalah

sang peniup ular

putri tukang tidur

penyihir kronos


Memang masih banyak lagi monster yang mampu melakukan Hand Summon, seperti Marauding Captain, Goblindbergh, dan Tin Goldfish. Akan tetapi monster tersebut hanya mampu memamnggil monster level tinggi sehingga kita hanya akan fokus pada tiga monster diatas. Ketiganya memiliki efek special summon monster level berapapun dari tangan. Selama monster itu bisa dispecial summon, maka monster itu bisa dipanggil dari tangan dengan 3 orang tersebut. Apalagi Apprentice Piper yang bisa melakukan special summon 2x. Ketika dia ter-flip dan ketika dia hancur karena lawan. Sehingga ketika musuh menyerang Piper, justru musuh yang akan kaget dengan kemunculan 2 monster dari tangan.

Strateginya cukup simpel, set monster yang bisa melakukan Hand Summon, lalu ketika musuh menyerang, kita akan counter attack dengan monster level tinggi yang kita special summon dari tangan pada turn berikutnya. Gunakan Spell Drawer dan Searcher untuk mengisi kebutuhan kombo dan halangi monster yang terlalu banyak di arena dengan trap. Simpel bukan? Kalau sudah cukup paham, mari kita masuk kedalam decklistnya

B. Decklist

Setelah memahami cara bermainnya, kita awalnya tentukan dulu berapa banyak monster “Hand Summoner” yang kita gunakan pada deck ini. Baik Apprentice Piper dan Fairy Tail Cinderella merupakan core utama dari strategi ini, sehingga masing-masing akan kita gunakan 3 lembar. Ditambah lagi Fairy Tail-Sleeper dapat di search oleh Fairy Tail Kaguya sehingga kita juga masukkan tiga. Maka dengan demikian, core pertama dari strategi Hand Summon ini adalah

3x Apprentice Piper
3x Fairy Tail Sleeper
3x Fairy Tail Kaguya

Lalu kita jugamemiliki Chronograph Sorcerer. Namun karena efeknya butuh setup lebih rumit (harus ada kartu yang hancur di arena kita baru effectnya tertrigger, maka kita akan gunakan 2 saja). Jadi ditambah lagi 2 kartu.

2x Chronograph Sorcerer

Setelah memasukkan core monster, maka sekarang kita tentukan monster-monster yang hendak kita panggil dari tangan. Untuk monster tersebut, gw sudah memilih beberapa monster dibawah ini

2x Kozmo Dark Destroyer
2x Kozmo Front Runner
2x Cracking Dragon
2x Archlord Kristya
2x Ancient Gear Reactor Dragon
1x Kozmo Sliprider

Saya memilih Kozmo karena dirinya selain memiliki attack besar, dia tidak dapat ditarget dan mampu meledakkan 1 kartu lawan ketika dipanggil. Sehingga mampu memberikan efek surprise kepada lawan ketika kita memanggil dia dari tangan. Monster-monster lain juga dipilih karena alasan yang berbeda. Archlord Kristya untuk mematikan special summon lawan. Cracking Dragon untuk menghukum deck-deck yang banyak melakukan special summon dengan Burn effectnaya. Reactor Dragon dipilih untuk melawan deck-deck yang banyak trap.

Monster level besar berikut engine monsternya sudah kita masukkan. Kini kita membutuhkan monster yang mampu menambah jumlah kartu ditangan kita. Karena perlu kita akui, Hand Summon sangat boros resources. Karena itulah kita masukkan MAXX “C” sebanyak 3 lembar kedeck.

3x Maxx “C”

Masuk ke spellcard. Karena kita lebih banyak melakukan special summon dari tangan di turn musuh, maka kita bisa memasang Pot of Duality pada deck ini. Bagi yang memiliki Pot of Desire, bisa juga memasukkan kedalam deck ini. Intinya untuk mencari pasangan kombo dan memperkuat konsistensi kombo Hand Summon yang akan kita lakukan.

3x Pot of Dualty
2x Pot of Desire

Lalu tak lupa kita masukkan staple dan spell/trap destroyer pada deck ini. Karena Solemn Strike adalah kartu yang menyebalkan.

2x Twin Twister
1x Harpy Feather Duster
1x Monster Reborn

Setelah itu, kita juga masukkan trap untuk mengacaukan deck lawan. Karena deck ini tidak bisa menerima banyak serangan (keburu mati sebelum monster berhasil disummon dari tangan), maka kita gunakan trap seperti Mirror Force atau Air Mirror Force untuk menghilangkan monster lawan dari arena. Kita juga gunakan trap Paleozoic Dinomischus untuk membanish kartu yang sekiranya merusak kombo kita seperti Utopia Lightning. Dan terakhir, karena kita juga akan banyak membuang tangan dan yang kita buang kemungkinan adalah monster level besar, maka kita juga akan membawa trap reviver. Sehingga trap list kita menjadi

3x Return to Frontline / Call of the Haunted (sesuai selera)
2x Paleozoic Dinomischus
2x Air Mirror Force

Lalu setelah semuanya kita kombinasikan, maka decklist akan menjadi seperti ini:



Total kartu yang dipakai adalah 41. Kita bisa mengurangi jadi 40 saja dengan mengurangi jumlah monster level besar dari deck. Tapi dari beberapa versi yang udah gw coba (vs AI Yugipro), decklist ini cukup konsisten. Dengan 3 searcher dan 2 drawer, kita bisa mempercepat terkumpulnya kombo.  


C. Power dan Weakness

setiap deck memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada deck ini, kekuatannya ada pada efek kejutan yang diberikan ketika kita berhasil melaksanakan kombo Hand Summon. Musuh tentu tidak menduga kalau kita akan memanggil monster level besar dari tangan. Ditambah lagi kebanyakan special summon yang kita lakukan dilaksanakan pada Damage Step, sehingga beberapa trap seperti Torrential Tribute atau Bottomless Traphole tidak dapat merespon special summon yang kita lakukan.

Dilain pihak, deck ini memiliki kelemahan yang cukup banyak. Pertama tentu saja adalah inkonsistensi. Deck ini memiliki rasio bad hand yang cukup besar, bisa saja kamu akan membuka hand dengan full monster pemanggil atau full monster level besar. Meski tadi saya bilang 5 kartu drawer membuat deck lebih konsisten, tetap saja resiko bad hand tidak dapat dihindari.  

Selain itu juga, deck ini akan kehilangan kekuatannya seiring dengan seringnya dipakai. Mengapa? Karena kekuatan utama deck ini adalah kejutan. Jika musuh sudah paham cara main kita, dia tentu tak akan memukul set monster kita tanpa persiapan. Membuat ssetrategi kita menjadi kurang ampuh. Musuh akan lebih sering memanggil utopia lightning untuk mematikan effect monster kita sampai damage step. Dan bila itu terjadi, maka deck kita akan menjadi ampas. Tapi tentu saja, siding Prohibition dan mendeclare Utopia tidak buruk juga bukan?

Pada dasarnya, deck ini adalah deck JFF (just for fun), dimana ketika diajak bertarung dengan deck meta, kesempatan untuk menangnya hampir nol persen hahaha. Seringnya badhand serta kurang konsisten menjadi kelemahan mendasar deck ini. Meski demikian, jika anda sedang mencari deck yang fun dan beda dari biasanya, kamu bisa memakai deck ini pada duel-duel kasual kamu.

Oke deh, demikian dulu rubrik deck pada kesempatan kali ini. Semoga memberikan inspirasi kepada lain untuk mengexplore berbagai macam strategi. Too much boring and autoplay deck sure not fun right?

Thx for reading and Happy Trolling

-Ballibond-




0 comments:

Posting Komentar