Senin, 07 Agustus 2017

The True Fire King


Halo para duelist! Kembali dengan Ballibond disini dengan rubrik deck idea mingguan. Sebagaimana minggu-minggu sebelumnya, pada awal weekdays ini, saya akan mencoba membagi ide deck yang menarik, gokil, dan tentu saja asyik untuk dimainkan. Bagi kalian yang gak sempat membaca rubrik deck minggu lalu mengenai Hand Summon Piper, maka kalian bisa cek link berikut atau cek pada side bar.

Pada tahun 2016 kemarin, blog ini pernah membahas tentang deck bertema Fire King Resonator dimana kita memadukan Red Resonator dengan Archetype Fire King. Decknya cukup menyenangkan untuk dimainkan. Ditambah dengan Rekindling yang masih unlimited pada banlist OCG, membuat deck ini mampu spamming monster Fire King dari graveyard.
Lalu kenapa kita membahas lagi deck itu sekarang? Jawabannya tentu saja karena KONAMI baru saja merilis support terbaru untuk fire King. Monster terbarunya, Fire King Ganesha  mampu menegate effect monster lawan. Untuk deskripsi efeknya secara lengkap, bisa dilihat pada berikut:


FIRE KING GANESHA
炎王獣ガネーシャ
(Fire/Beast Warrior/Effect/Level 4/ Atk 1800/Def 200)
"When a monster effect is activated (Quick Effect): You can negate the activation, and if you do, destroy 1 other FIRE monster you control or in your hand. If this card is destroyed and sent to the GY: You can target 1 FIRE Beast, Beast-Warrior, or Winged Beast monster in your GY, except "Fire King Avatar Ganesha"; Special Summon it, but it has its effects negated, also destroy it during the End Phase. You can only use each effect of "Fire King Avatar Ganesha" once per turn."



Ganesha, yang merupakan dewa pengetahuan pada agama hindu, digambarkan memiliki sosok gajah bertangan 4. Namun pada archetype Fire King, dia digambarkan sebagai prajurit gajah yang memegang pedang api pada keempat tangannya.

Sebelum membahas decklist, mari kita breakdown efek dari ksatria gajah satu ini:

1.       Dia mampu menegate effect monster

Kemampuan menegate effect monster merupakan efek pertama dari Ganesha. Untuk diperhatikan,  ia hanya me-negate efek dan tidak menghancurkan monsternya (mirip seperti efek breakthrough skill) dan juga efek meledakkan 1 Fire monster ditangan maupun yang di arena bukanlah cost dari aktivasi efek pertama dari ganesha, melainkan part of effect. Jadi ketika kita berhasil menegate effect monster lawan, barulah kita meledakkan fire king kita. Selain itu juga, efek monster yang hendak dia negate tidak perlu harus faceup di field, jadi misal musuh mengaktifkan efek monster di tangan atau kuburan, Ganesha tetap bisa meledakkannya.


2.       Ketika dia hancur, dia memanggil monster lain dari graveyard.

Hal yang membuat Ganesha lebih bagus dibandingkan dengan para Fire King lainnya adalah efek keduanya tertrigger baik ketika dia hancur karena efek ataupun hancur karena battle. Para Fire King lain efeknya baru akan tertrigger ketika mereka hancur karena efek. Ganesha tak peduli dengan hal tersebut. Pokoknya ketika dia hancur, dia bisa memanggil monster dari graveyard. terlebih lagi, monster yang ia bisa special summon tidak terbatas hanya Fire King saja. Selama dirinya adalah Winged Beast, Beast, atau Beast Warrior dengan attribute Fire, maka Ganesha bisa memanggilnya. tapi perlu diingat, monster yang ia panggil akan hancur kembali di end phase dan efeknya di negate.

baiklah, setelah memahami efek Fire King Ganesha, mari kita masuk ke bagaimana cara memainkan Fire King di tahun 2017 ini. 
  
A.      How to Play

Cara bermain Fire King di tahun 2017 sedikit berbeda dengan Fire King di tahun 2016. Jika di 2016 kemarin kita bermain dengan bantuan Red Resonator untuk melakukan Synchro Play, maka di tahun 2017 ini kita memanfaatkan archetype True King untuk bermain. atau lebih tepatnya, kita akan memanfaatkan True King Agnimazud untuk deck ini.

True King Agnimazud dapat dipanggil ditangan dengan cara meledakkan 2 Fire monster di hand dan field. Dengan itu, kita bisa meledakkan para fire king dan memanggil Agnimazud. dan karena para fire king meledak karena efek, efek mereka akan tertrigger. selain itu juga, berkat adanya Fire King Ganesha, Fire King yang ada di graveyard bisa dipanggil di turn yang sama tanpa perlu menunggu standby phase berikutnya.

Selain strategi diatas, strategi Fire King versi 2017 hampir sama dengan tahun 2016. Dengan Rekindling, kita bangkitkan lagi seluruh fire king level 4 dikuburan. Karena semua fire king level 4 memiliki defense 200, maka seluruhnya bisa menjadi target Rekindling. Supply Squad disini difungsikan sebagai Drawer. Setiap kali kita meledakkan Fire King dari field (baik karena battle maupun effect), kita bisa draw 1 kartu. Sehingga hand kita tetap penuh meski kombo dilaksanakan.

B.      Decklist

Untuk versi 2017 ini, tidak banyak komposisi deck yang berubah. Untuk Fire King, kita hanya mengganti Fire King Yaksha menjadi Fire King Ganesha. Selebihnya tidak banyak engine Fire King yang kita ubah. List fire king yang kita pakai ialah:


3x Fire King Ganesha
3x Fire King Barong
2x Fire King High Avatar Garunix
1x Fire King Avatar Garunix

Lalu karena kita banyak membawa Fire Beast Warrior kita juga bawa Coach Wolfbark untuk memanggil kembali Fire King dari kuburan

3x Coach Soldier Wolfbark

Untuk True King, kita gunakan Agnimazud sebanyak 3 kopi untuk menambah kemungkinan monster ini muncul ditangan

3x True King Agnimazud, the Vanisher.

Selanjutnya, untuk spell fire king sendiri kita gunakan 8 kopi yang diantaranya ialah

3x Onslaught of Fire King
2x Circle of the Fire King
3x Fire King Island

Lalu untuk memberikan drawer, kita bawa Supply Squad dan Fire Formation Tenki untuk mengambil Fire King dari deck.

3x Supply Squad
2x Fire Formation Tenki

Untuk mempercepat mengambil True King Agnimazud kita membawa 1 Dragonic Diagram plus 2 Terraforming. Lalu kita juga membawa Chicken Race untuk deck thinning sekaligus drawer.

1x Draconic Diagram
2x Terraforming
2x Chicken Race

Kemudian kita juga membawa Spell/Trap destroyer. Untuk itu kita serahkan hal tersebut pada Cosmic Cyclone yang baru direprint dan Harpy Feather Duster

2x Cosmic Cyclone
1x Harpy Feather Duster

Sisa 2 slot lagi pada deck kita. 2 slot kosong ini akan kita masukkan Torrential Tribute. Tidak hanya sebagai Field Resetter, Torrential Tribute bisa juga kita gunakan untuk mentrigger effect Fire King.

2x Torrential Tribute

Dan setelah semuanya kita susun, komposisi decknya kira-kira adalah sebagai berikut:

True King of Fire


C.      Strength and Weakness

Secara teori, deck ini cukup bagus. Berkat Fire King Ganesha, kita tidak akan kehilangan Field Presence. Ditambah lagi kita juga memakai True King Agni sebagai boss monster selain Garunix. Pada kondisi tertentu, kita bahkan bisa melakukan One Turn Kill (OTK).

Namun sama seperti deck-deck lainnya yang membutuhkan special summon, deck ini akan mati bila ketemu dengan kartu-kartu yang mencegah special summon. Deck ini juga akan akan mati ketika para Fire King tidak bisa masuk graveyard atau tidak bisa mengaktifkan efeknya di graveyard. Monster semacam Masked Hero Dark Law, Banisher of Light, Macro Cosmos dan Dimensional Fissure merupakan musuh alami deck ini. Trap Card Soul Drain serta Abyss Dweller juga sangat mengganggu strategi deck ini.

Jadi bagi kalian yang ingin memakai deck ini, persiapkan kartu-kartu anti banish seperti Imperial Iron Wall, Heavy Dust Storm untuk meledakkan Macro Cosmos atau Dimensional Fissure. Dan bagi kalian yang bersiap melawan ini, kalian bisa siding Different Dimension Ground / Macro Cosmos/ Banisher of Light/ Soul Drain untuk mematikan efek-efek fire king.

Oke deh, sekian dulu post gw kali ini. Semoga post kali ini pun bisa memberikan insiprasi kepada kalian semua. Ingat, play fun > play PMB. Thx for Readng and happy trolling

-ballibond-


0 comments:

Posting Komentar