Sabtu, 30 September 2017

Terror of Lacooda


Halo, kembali lagi dengan plasma dueling dalam sesi deck idea. Pada kesempatan kali ini, gw akan membahas tentang satu deck yang baru dirilis supportnya di set The Dark Illusion (TDIL). Kita tentu saja tidak membahas archetype mata-mata super yang saat ini sedang mendominasi meta. Kita akan membahas tentang archetype lain yang melibatkan syaitan dan flip effect. Tentu saja kita akan membahas tentang Archetype Subterror

Subterror, merupakan archetype yang terinspirasi dari cerita perlawanan para pahlawan ala RPG (ada Warrior. Defender, Spellcaster, Naga) terhadap para makhluk raksasa. Disini, Subterror digambarkan sebagai gabungan antara Makhluk Raksasa dan jenis bebatuan. Contohnya Subterror Behemoth Dragossuary yang merupakan gabungan kata dari Dragon dan Ossuary. Archetype Subterror ini terbagi menjadi 2 sub besar (no pun intended). Subterror Behemoth yaitu monster level besar yang memiliki flip effect dan Subterror level kecil yang memiliki effect support langsung kepada Subterror Behemoth.

Para subterror behemoth memiliki kesamaan efek, dimana seluruhnya memiliki efek ketika di arena ada monster yang tertutup (flipped facedown), maka mereka DAPAT special summon diri mereka dari tangan. Gw menebalkan kata dapat karena efek special summon subterror adalah optional dan bisa misstiming. Ketika hal yang terjadi terakhir bukan tertutupnya monster, maka effect Special Summon dari subterror tidak akan jalan.

Secara sekilas, effect special summon dari tangan Subterror sulit untuk dilakukan. Harus ada monster yang tertutup untuk bisa melakukan special summon mereka dari tangan. Tapi tenang saja, karena di deck ini kita menggunakan monster yang memiliki efek yang sangat membantu sub terror. Dan monster itu adalah monster berikut

Onta bernafas bau 
デス・ラクーダ
Des Lacooda

Zombie/Level 3/Earth/Atk 500/Def 600
"Once per turn: You can change this card to face-down Defense Position. When this card is Flip Summoned: Draw 1 card."


Yap, onta jadul ini lah yang akan membantu kita memanggil para Subterror Behemoth dari tangan. Efek Des Lacooda yang bisa menutup diri sendiri cocok untuk mentrigger efek Subterror Behemoth ditangan. Selain itu dengan efek draw nya, kita bisa mengisi kembali hand kita. Menyenangkan bukan?

1. How To Play

Cara bermain subterror bisa dikatakan unik. Mereka melakukan serangan dengan membangun pola defensive terlebih dahulu. Semua subterror Behemoth yang berattack besar semuanya memanggil dirinya dari hand dalam posisi defense. Para subterror level kecilnya juga demikian, bermain defensif untuk mendukung Subterror Behemoth.

Jadi yang kita lakukan pada deck ini adalah set up field terlebih dahulu  baru serang dengan para behemoth. Kita mempunyai 3 monster untuk itu. Subterror Guru, Subterror Fiendess, dan tentu saja si onta kecil kita tadi. Akan gw coba jelaskan 2 kartu subterror diatas untuk lebih mudah membayangkan cara bermainnya,

Loli nya Subterror
サブテラーの妖魔
Subterror Fiendess
Earth/Spellcaster/Level 1/Atk 800/Def 500

"During either player's turn, when your opponent activates a card or effect: You can send this card from your hand or field to the Graveyard, then target 1 "Subterror" monster you control; negate the activation, then change the targeted monster to face-down Defense Position. You can target 1 face-up monster you control; change it to face-down Defense Position, and if you do, Special Summon 1 "Subterror" monster from your hand or Graveyard, in face-up or face-down Defense Position. You can only use each effect of "Subterror Fiendess" once per turn."

Monster level 1 ini adalah hand trap sekaligus pemanggil Subterror Behemoth. Efek pertamanya adalah ketika dirinya diarena, kita bisa menutup 1 monster di arena kita (catatan: tidak harus Subterror yang harus di tutup) untuk memanggil subterror dari tangan atau kuburan dalam posisi facedown.  Asik bukan? Cuman modal nutup 1 monster kita bisa dapat gratis 1 subterror lagi.

Efek keduanya tidak kalah keren, ketika kita mengontrol faceup Subterror dan musuh mengaktifkan spell/trap atau effect monster, maka kita bisa send dia dari tangan atau arena dan tutup 1 Subterror di arena untuk menegate effect tersebut. Sebagai catatan, kedua cost tadi harus terjadi untuk bisa menegate kartu lawan. Jadi kalau tidak ada subterror yang tertutup karena efek subterror fiendess (misal di compul lawan), maka efek negate nya gak jalan. Tapi gak masalah kok, biasanya scenario di deck subterror sangat mudah mengontrol 1 subterror lain di arena (misal karena efek #1 Fiendess) sehingga efek negatenya jarang sekali gagal.

Apa lagi yang membuat kartu ini asyik? Karena dirinya level 1, maka kita bisa menggunakan spell One For One untuk mempercepat dirinya tiba di field. tidak perlu takut dengan cost one for one karena Fiendess bisa membangkitkannya kembali.


naga pengelana
サブテラーの導師
Subterror Guru

(Flip/Earth/Dragon/Level 4/Atk 1600/Def 1800)

"FLIP: You can add 1 "Subterror" card from your Deck to your hand, except "Subterror Guru".
You can target 1 other face-up monster on the field; change both it and this card to face-down Defense Position. This effect can be activated during either player's turn, if you control another "Subterror" card. You can only use each effect of "Subterror Guru" once per turn."

Monster level 4 ini juga merupakan support terbaik di deck Subterror. Efeknya yang pertama simpel, kalau dia di flip, add 1 Subterror Card dari deck, namun hanya bisa diaktifkan sekali per putaran. Yang membuat Subterror Guru bersinar adalah efek keduanya. Dia bisa menarget 1 monster diarena dan menutup dirinya sekaligus subterror guru. Dan ketika kita mengontrol Subterror lain, efek itu bisa kita gunakan di turn lawan juga.  Yah, Anggap seperti Fairy Tail – Kaguya tapi versi book of moon.  Asyik bukan?

elf + archer = rpg banget
サブテラーの射手
Subterror Nemesis Archer

(Fairy/Effect/Earth/level 4/Atk 1600/def 1400)

"At the start of the Damage Step, if this card attacks an opponent's face-down Defense Position monster, and you control another "Subterror" monster: You can shuffle that opponent's monster into the Deck. If this card on the field is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can Special Summon 1 "Subterror" monster from your Deck in face-up or face-down Defense Position. You can only use each effect of "Subterror Nemesis Archer" once per turn."

Kalau monster satu ini lebih kearah tutor untuk para subterror. Ketika dirinya mati dan masuk graveyard, kita bisa special summon subterror dari deck dengan posisi faceup defense atau facedown defense. Selain itu juga, ketika kita menyerang monster Facedown lawan, dan kita mengontrol subterror lain, maka kita bisa mengirim monster yang kita battle tersebut ke deck.

Itulah para monster level kecil yang menjadi support para behemoth. Sekarang kita kenalan dengan para behemoth yang akan kita pakai.


 para Subterror Behemoth 

Ketiga behemoth ini lah yang akan menjadi para bos di deck kita. Efek Subterror Behemoth Ultramafus yang bisa menutup seluruh monster di arena ala Book of Eclipse sangat menggangu kombo lawan. Subterror Behemoth Speleogeist untuk menyiksa monster lawan dengan attack 0 nya. Serta subterror Behemoth Umastryx yang bisa membanish 1 monster lawan. Ketiga nya memiliki efek yang mampu membuat lawan kelimpungan.

Secara sederhana, cara bermain subterror bisa dijelaskan seperti ini

Simpel bukan? Yuk langsung kita bahas decklistnya

2. Decklist


Untuk deck kali ini, kita menggunakan 40 kartu. Di varian lain seperti LS-Subterror mereka memakai kartu sampai 60 untuk selanjutnya di mill dan mengisi engine graveyard mereka. Namun untuk deck Terror of Lacood ini, kita cukup memakai 40 kartu saja. Dan susunan kartu yang kita pilih pada deck kali ini adalah sebagai berikut

Tidak ada Link karena YGOPRO nya belum ngedukung link format 

Karena YGOPro belum merilis versi Link Monsternya, maka extra deck kali ini hanya menggunakan XYZ saja. Tapi bagi kalian yang hendak mencoba di real life, kalian bisa menambahkan Link Monster Subterror Behemoth Fiendess yang sangat jago di deck ini. Bagi kalian yang hendak memainkan subterror, memiliki Subterror Behemoth Fiendess ini adalah sebuah kewajiban yang tidak hakiki.

Oh iya, deck Subterror ini diberkahi dengan Field Spell yang luar biasa. The Hidden City, Field Spell milik subterror memiliki 3 efek. Efek pertama ketika dia diaktifkan, kita bisa add 1 Subterror monster dari deck. Efek kedua adalah once per turn, kita bisa flip satu Subterror di field. dan efek ketiga, ketika musuh declare attack, kita bisa pilih 1 face down Subterror monster, flip monster tersebut kemudian kita bisa menegate attack monster yang menyerang. semua efeknya sangat membantu Subterror dalam bermain Flip Controlnya.  

Lalu bagaimana ntuk Side deck para Subterror ini? Karena deck ini adalah deck flip monster, kalian sekarang bisa memakai monster seperti Stealth Bird lho untuk memberi damage lawan saat sudden death. Burn 1000 Life point tentu menyakitkan saat sudden death di turnamen. 

3. Weakness and Strength

Sama seperti deck lain, deck ini juga banyak kelemahan. Satu spell yang sangat membunuh deck ini adalah Nobleman of Crossout. Kartu jadul ini sangat mematikan para behemoth yang sedang dalam facedown position. Jika kondisinya tepat, deck ini akan mati karena satu spell jadul tersebut.
Hal lain yang menjadi kelemahan deck ini adalah ketika efek di fieldnya di negate. Bisa karena Skill Drain atau bahkan ketika musuh memanggil Utopia Lightning, maka deck ini pasti akan langsung kewalahan melawannya.

Lalu cara mengalahkan mereka yang memakai strategi itu? Kita bisa siding Blasting Wire untuk mematikan mereka. Itu loh Trap Card yang bisa mendestroy 1 kartu yang satu baris sama dia. Di kondisi yang tepat, kita bisa mendestroy Utopia Lightning atau Skill Drain. Cakep bukan?

Oke sekian dulu post dari gw, semoga memberikan manfaat dan inspirasi kepada kalian semua yang masih mencari alternatif deck yang gokil dan fun. Jika ada saran, kalian bisa menyampaikan langsung di kolom komentar.

Thx for Reading and Happy Trolling

-Ballibond-

source gambar : yugioh.wikia.com




0 comments:

Posting Komentar