Minggu, 31 Desember 2017

2017- Sebuah Kaleidoskop dalam Children Card Game.

Akhir tahun 2017 sudah menunggu jam saja. Sesaat lagi, kita akan menyongsong tahun 2018 dan khusus di dunia Children Card Game kita satu ini, itu artinya Banlist Januari 2018 sudah berlaku. Tentu saja akan banyak perubahan dan hal baru yang menanti kita. Kombo OTK yang makin kreatif dan gila, Archetype yang makin tidak fair dan imbalance, lalu reprint-reprint kartu staple ditempat-tempat yang tak terduga. Pertanyaannya adalah, apakah kita sudah siap dengan perubahan itu? Jawabannya tentu saja adalah harus siap. 

Sebagaimana perihalnya blog-blog lain menjelang pergantian tahun, alangkah baiknya sebelum berpindah tahun,  kita sedikit melakukan napak tilas mengenai perjalanan children card game di tahun ini. Sedikit banyak hal yang mengguncang dunia per-Yugioh-an terjadi di tahun ini. berikut adalah hal-hal yang terjadi di tahun 2017 dan mengguncang dunia per-Yugioh-an selama ini:


a.      Berlakunya Master Rule 4 atau  Link Summon

Dengan berlakunya Master Rule ke-4 pada bulan mei 2017, maka dengan itu secara resmi mekanisme Link Summon dilaksanakan dalam Yugioh. Adanya rule “Extra Monster Zone” membuat player tidak bisa dengan mudah melaukan special summon dari extra deck seperti dulu lagi. Selain itu juga, berkat Master Rule 4 ini, pendulum zone juga mengalami perubahan, yang dimana sebelumnya terpisah dengan spell zone, kini kembali disatukan sehingga total spell/trap yang ada diarena kembali menjadi 5 saja.

Lalu apakah meta menjadi lambat semenjak berlakunya Link Summon? Jawabannya tentu saja tidak (haha).Mungkin link summon pada awalnya diharapkan memberi kesempatan untuk deck-deck yang tidak terlalu banyak melakukan Special Summon dari extra deck untuk sejajar dengan deck lainnya. Akan tetapi, pada kenyatannya Link Summon justru menciptakan kangker yang baru. Spyral. 

b.      Token dapat digunakan sebagai material Link Summon

Melanjutkan alasan yang pertama, dengan adanya mekanisme Link Summon, maka seluruh kartu yang mampu menciptakan token, kembali menjadi kartu yang “wajib dibawa” dalam deck. Bahkan beberapa kartu juga terkena palu Banlist karena efeknya yang mampu menciptakan token. Sebut saja, Blackwing Gofu the Vague Shadow yang menjadi limit di Banlist maret 2017. Lalu Blackwing Steam the Cloak, serta Dandylion yang juga terkena status limited di Banlist Januari 2018. Mathematician yang dulu sempat Unlimited, kini kembali menjadi semi limited bersama dengan Grinder Golem yang mendapatkan kehormatan status yang sama.

c.       Field Abuse yang makin menggila

Kalau kita melihat top meta tahun ini, kalian akan menemukan pola yang sama dimana top tier deck selalu memiliki Field Spell yang sangat jago. Bahkan di pembahasan sebelumnya (klik disini untuk membaca ulang artikelnya ya), kita bisa melihat pola dimana KONAMI membuat Field Spell semakin jago dibanding sebelumnya. Field Spell yang dulu berguna untuk meningkatkan attack, kini berubah menjadi kartu Tutor atau kontrol.

Dan itulah sebabnya, semua kartu yang mampu mencari Field Spell menjadi problem tersendiri. Dimulai dari Terraforming sang Searcher Universal yang terkena limit di banlist oktober 2017. Set-Rotation yang terkena status semi limited di Banlist Januari 2018. Dan yang paling fatal, Ancient Fairy Dragon terkena status Ban di banlist yang sama. Ini diakibatkan archetype yang semakin membutuhkan Field Spell untuk melakukan play sehingga Searchernya yang merasakan apesnya.

searcher kekinian yang gak sayang nyawa

Secara overall, tahun 2017 adalah tahun yang unik bagi permainan Yugioh. Link summon dan master rule 4 membuat seluruh pemain (tidak termasuk pemain exodia ya, dia bisa main sama tembok saja) harus beradaptasi dengan perubahan tersebut. Tahun ini juga Archetype lama juga kembali mendapat support kembali oleh KONAMI yang membuat mereka masih dapat dimainkan di era LINK summon seperti sekarang.

Lalu bagaimana dengan plasmadueling sendiri? di tahun 2017 ini alias tahun keenam setelah pertama kali meluncur, kami sudah mencoba memberikan post yang lebih variatf dan lebih rajin dari tahun sebelumnya. Namun tampaknya kesibukan juga lah yang membuat saya dan penulis-penulis lain tidak sempat untuk berbagi cerita di blog ini. Tampak dari jumlah post tahun ini (termasuk yang ini) sebanyak 31 dimana jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yaitu 20 saja (tertawa sedih). Harapannya sih (dan juta targetnya), di tahun 2018 kami bisa lebih konsiten menulis di plasmadueling. dan mungkin di tahun 2018, ada kejutan-kejutan lain yang tak kalah gokil dari blog ini. Satu hal yang paling utama ialah, kepuasan pembaca adalah kepuasan kami.  

Sekian dulu post kali ini, semoga di tahun 2018 besok, permainan Yugioh akan tetap menarik untuk dimainkan. Dan harapan saya sendiri sebagai penulis, semoga blog ini bisa menjadi lebih konsisten dalam memberikan konten kepada kalian semua. 


Thx for reading and happy trolling. Happy New Year!!!

-=Ballibond=-


link yang ada di post ini 

1. http://yugioh.wikia.com/wiki/Destrudo_the_Lost_Dragon%27s_Frisson

0 comments:

Posting Komentar